Apakah Tuhan itu?


Sebagaimana diungkapkan kepada
Marshall Vian Summers
17 Agustus 1993
di USA

Tentang teks ini


Apa yang Anda baca dalam teks ini adalah transkripsi suara asli Majelis Kemalaikatan saat berbicara melalui Utusan Tuhan Marshall Vian Summers.

Di sini, komunikasi asli Tuhan, yang berada di luar kata-kata, diterjemahkan ke dalam bahasa dan pemahaman manusia oleh Majelis Kemalaikatan yang mengawasi dunia. Majelis kemudian menyampaikan Pesan Tuhan melalui Utusan Tuhan, setelah itu ditranskrip dan disediakan bagi Anda dan bagi semua orang.

Dalam proses yang luar biasa ini, Suara Wahyu berbicara kembali. Firman dan Suara berada di dunia. Semoga Anda menjadi penerima karunia Wahyu ini dan semoga Anda terbuka untuk menerima Pesan unik ini bagi Anda dan bagi kehidupan Anda.


Greater Community Spirituality
Volume 2 > Spiritualitas Komunitas Besar > Bab 1

Dalam Komunitas Besar, Tuhan adalah Pengetahuan. Dalam Komunitas Besar, Tuhan adalah pengalaman. Dalam Komunitas Besar, Tuhan adalah komunikasi daripada wawasan yang mendalam dan pengakuan dari satu ke yang lain, menembus semua kehidupan wujud. Hal ini terjadi di alam pengalaman Anda.

Tuhan tampak berbeda bagi orang-orang yang berbeda dan bagi ras-ras makhluk yang berbeda dalam Komunitas Besar, namun pengalaman esensial yang memicu keinginan akan Tuhan, kesadaran akan Tuhan dan pertalian dengan Tuhan adalah sama di mana-mana. Dorongan keagamaan ini, dorongan menuju persatuan dengan Tuhan, adalah universal. Meskipun tampaknya sangat tidak ada di beberapa budaya dan diungkapkan secara menyimpang dalam budaya lain, dorongannya adalah sama. Apakah Tuhan itu harus dinyatakan dalam hal lingkup pengalaman Anda dan kapasitas Anda untuk mengalami. Dalam Komunitas Besar, Tuhan begitu total dan menyeluruh sehingga semua definisi akan selalu goyah dan gagal.

Oleh karena itu, marilah kita katakan bahwa Tuhan merupakan pengalaman daripada pertalian total. Anda dapat mengalami hal ini sejenak di sana-sini dan untuk waktu yang lebih lama jika Anda mempersiapkan diri dalam Tata Cara Pengetahuan. Hal ini merupakan suatu pengalaman yang dapat diterjemahkan dari satu dunia ke dunia yang lain dan dapat dibagi dan didemonstrasikan dari satu makhluk ke makhluk yang lain, melewati dan melampaui semua perbedaan daripada ras, budaya, perangai dan lingkungan. Ini adalah Tuhan. Tuhan bagi Anda adalah Tuhan dalam tindakan. Tuhan bagi Anda adalah suatu pengalaman yang tidak seperti pengalaman lain mana pun dalam hidup, namun pengalaman ini memberi makna bagi semua pengalaman-pengalaman Anda yang lain.

Dalam Komunitas Besar, Tuhan adalah lengkap. Dalam dunia Anda, Tuhan adalah Tuhan dari dunia Anda, Tuhan dari ras Anda, Tuhan dari sejarah Anda, Tuhan dari perangai Anda, Tuhan dari ketakutan-ketakutan dan aspirasi-aspirasi Anda, Tuhan dari pahlawan-pahlawan besar Anda, Tuhan dari tragedi-tragedi besar Anda, Tuhan yang berhubungan dengan suku Anda dan masa Anda. Tetapi dalam Komunitas Besar, Tuhan jauh lebih besar, begitu lengkap — melampaui definisi-definisi dari ras mana pun, melampaui sejarah ras mana pun, melampaui perangai, ketakutan-ketakutan dan aspirasi-aspirasi ras mana pun, melampaui jangkauan filosofi individu atau kolektif mana pun. Namun, Anda menemukan Tuhan dalam dorongan murni, di saat-saat adanya pengakuan, dalam keinginan untuk bertindak di luar lingkup kepentingan dan motif pribadi Anda sendiri, dalam pengakuan akan orang lain, dalam motif untuk memberikan, dalam pengalaman kebersamaan yang tidak bisa dijelaskan. Hal ini dapat diterjemahkan. Ini adalah Tuhan dalam tindakan. Bagi Anda, ini adalah Tuhan.

Anda harus berpikir mengenai Tuhan sekarang dalam Komunitas Besar — bukan Tuhan manusia, bukan Tuhan dari sejarah tertulis Anda, bukan Tuhan dari cobaan-cobaan dan kesengsaraan-kesengsaraan Anda, melainkan Tuhan untuk sepanjang waktu, untuk semua ras, untuk semua dimensi, untuk mereka yang primitif dan untuk mereka yang maju, untuk mereka yang cara berpikirnya seperti Anda dan untuk mereka yang cara berpikirnya begitu berbeda, untuk mereka yang percaya dan untuk mereka dimana kepercayaan tidak bisa dijelaskan. Ini adalah Tuhan dalam Komunitas Besar. Dan di sinilah Anda harus mulai.

Untuk percaya pada Tuhan dari Komunitas Besar adalah upaya yang terlalu besar karena Anda akan menyadari bahwa ras Anda kecil dan alam semesta besar. Di sini Anda akan berfokus pada Tuhan bukan dari dunia Anda dan masa Anda, tetapi Tuhan dari semua dunia dan semua masa. Macam teologi atau filsafat mana yang dapat meliput Tuhan sebesar ini? Macam spekulasi manusia dan etika manusia mana yang dapat mencakup Tuhan yang begitu lengkap seperti ini?

Namun teologi Anda mengenai Tuhan harus menjadi teologi pekerjaan Tuhan di dunia ini. Dan jika itu benar, akurat dan menguntungkan, hal tersebut harus berfokus pada pengalaman akan Pengetahuan. Pengetahuan adalah awal daripada agama. Pengetahuan adalah penyempurnaan daripada agama. Pengetahuan adalah bukti akan Tuhan dan bukti bahwa Anda adalah bagian dari kehidupan yang lebih besar melampaui batas waktu Anda, melampaui perbatasan-perbatasan ras Anda dan melampaui batasan-batasan kemampuan intelektual Anda saat ini. Di sini tidak ada kisah penciptaan. Tidak ada pahlawan. Tidak ada akhir zaman. Yang ada hanyalah pengalaman menyeluruh daripada hubungan pertalian, yang merupakan pengalaman akan Pengetahuan dan pengalaman akan Tuhan.

Apalah agama manusia tanpa adanya suatu kisah penciptaan, tanpa adanya seorang pahlawan untuk dipuja dan tanpa adanya suatu puncak daripada pengalaman manusia? Agama manusia manakah yang dapat memfokus kepada Tuhan seagung ini, yang kepentingan utamanya bukan dunia Anda sendiri, yang perhatian utamanya bukan pengalaman sehari-hari Anda, yang kesadarannya begitu menyeluruh dan yang kebaikannya memberkati mereka yang begitu tidak seperti Anda? Lalu apakah model untuk perilaku manusia? Apakah dasar bagi etika atau moralitas sebuah Tuhan dari Komunitas Besar? Untuk ini, Anda harus keluar melampaui sebuah agama masa kecil dan kebutuhan-kebutuhan anak kecil. Anda harus keluar melampaui kebutuhan hanya demi aturan dan pengaturan serta cerita-cerita fantastis yang hampir tidak bisa dipercaya. Anda harus masuk ke dalam pengalaman dan Misteri kehidupan, yang merupakan pintu menuju Tuhan, yang berada di jantung kehidupan Anda dan berisi tujuan utama Anda datang ke sini yang unik bagi Anda tetapi yang sama dengan semua kehidupan.

Dalam Spiritualitas Komunitas Besar, tidak ada pahlawan. Tidak ada kisah penciptaan. Dan tidak ada puncak pengalaman untuk mengakhiri kesulitan hidup jasmani. Jadi, apalah agama tanpa hal-hal ini? Hal-hal ini bersifat kesukuan. Dan Anda tidak sendirian dalam Komunitas Besar dalam menginginkan hal-hal ini, dalam membangun hal-hal ini dan dalam mempertahankan hal-hal ini. Di mana-mana di mana agama telah berakar dan telah diungkapkan, ras-ras telah mendasarkan praktek mereka dan pemahaman mereka atas masa mereka sendiri, sejarah mereka sendiri dan perangai mereka sendiri. Tetapi melampaui ini adalah pengalaman akan Tuhan. Melampaui ini adalah spiritualitas murni. Ini adalah apa yang harus Anda cari sekarang, karena agama manusia tidak akan pernah dapat mewujudkan suatu Tuhan dari Komunitas Besar. Hal ini sangat tidak bisa dijelaskan karena hal ini melampaui kebutuhan Anda akan Ketuhanan. Oleh karena itu, Anda harus menemukan cara lain, sebuah cara yang lebih dewasa, sebuah pendekatan yang lebih menyeluruh, sebuah persiapan yang sejati.

Dalam Komunitas Besar, mereka yang telah maju telah menyadari sifat dan tujuan Tuhan dalam dunia mereka masing-masing, namun pemahaman mereka telah melampaui pemahaman akan Kehendak Tuhan dalam hal-hal tertentu, bahkan melampaui kepedulian terhadap kesejahteraan dan kelangsungan hidup ras mereka. Mereka telah melampaui kepedulian ini menuju suatu spiritualitas yang lebih besar, suatu Spiritualitas Komunitas Besar — suatu spiritualitas untuk semua masa dan semua dunia, suatu spiritualitas yang misterius, yang tidak didefinisikan dan diwujudkan dalam ritual-ritual, cita-cita, keyakinan-keyakinan, catatan-catatan sejarah atau gambaran-gambaran yang fantastis, suatu spiritualitas yang dapat sepenuhnya diterjemahkan dari satu makhluk ke makhluk yang lain dengan kata-kata atau gerak tubuh, maupun tanpa kata-kata atau gerak tubuh.

Spiritualitas Komunitas Besar adalah suatu spiritualitas daripada pengalaman yang lebih besar, wawasan yang lebih besar dan kemampuan-kemampuan yang lebih besar. Dalam Komunitas Besar, Anda tidak diselamatkan. Anda hanya berkembang. Dalam Komunitas Besar, Anda tidak dikutuk. Anda hanya berkembang. Dalam Komunitas Besar, tidak ada surga. Hanya ada keterlibatan lebih lanjut dan suatu kapasitas yang lebih besar akan hubungan pertalian. Dalam Komunitas Besar, tidak ada dewa-dewa lokal dan setan-setan yang berjuang dalam peperangan rohani. Dalam Komunitas Besar, ada mereka yang tahu dan ada mereka yang tidak tahu. Dari pengalaman mereka timbullah kesulitan-kesulitan besar yang muncul dalam hidup di mana-mana.

Anda yang tinggal di dunia manusia dengan gagasan-gagasan manusia, keyakinan-keyakinan manusia dan perspektif manusia memiliki kesempatan besar sekarang untuk mengalami Ketuhanan serta tujuan dan kehendak Ketuhanan demi hidup dan masa Anda melalui suatu kesadaran Komunitas Besar dan melalui suatu jalan dan arah yang berbeda. Anda memerlukan ini sekarang, karena dunia Anda sedang muncul ke dalam Komunitas Besar Dunia-Dunia. Dan Anda memerlukan ini sekarang karena ini adalah agama untuk semua masa, tidak hanya untuk masa Anda. Jika Anda menembus batas besar ini maka Anda akan memahami masa lalu, masa kini dan masa depan sedemikian rupa sehingga akan menyatukan mereka semua.

Hal ini akan memberi Anda kekuatan dan kemampuan dalam mencamkan dan memahami mereka dari Komunitas Besar yang mengunjungi dunia Anda. Meskipun mereka memiliki kemampuan teknologi yang lebih besar dan memiliki kohesi sosial yang lebih besar daripada Anda, mereka juga dipanggil untuk belajar Spiritualitas Komunitas Besar. Kurnia Anda bagi mereka adalah sesuatu yang sangat langka dan berharga. Anda memiliki sesuatu yang mereka butuhkan. Anda memiliki sesuatu yang seluruh kehidupan butuhkan. Itulah sebabnya mengapa Spiritualitas Komunitas Besar sedang diperkenalkan ke dunia ini sebelum munculnya dunia ini ke dalam Komunitas Besar. Hal ini tidak hanya diberikan demi adaptasi Anda sendiri menghadapi Komunitas Besar dalam rangka membangun landasan demi komunikasi, pengakuan dan pemahaman. Hal ini juga diberikan untuk membuktikan bahwa Anda sebagai manusia, bagaimana pun terbatasnya Anda dalam kemampuan fisik Anda, tetap memiliki kurnia rohani untuk diberikan — sebuah kurnia sepanjang masa, sebuah kurnia dengan manfaat sejati. Namun, untuk menemukan kurnia ini dan memberikan kurnia ini, Anda harus memiliki sebuah pemahaman yang lebih besar, sebuah kesadaran yang lebih besar, sebuah teologi yang lebih besar dan sebuah landasan baru untuk hidup. Ini adalah sebuah landasan yang akan membebaskan Anda dalam kehidupan sehari-hari Anda dan yang akan membuat kekhawatiran kemanusiaan Anda, yang tampaknya begitu kompleks dan sulit, jauh lebih sederhana daripada yang tampaknya hari ini.

Apa yang Tuhan lakukan di dunia Anda adalah terkait dengan apa yang Tuhan lakukan di Komunitas Besar. Jika Anda tidak tahu apa yang Tuhan lakukan dalam Komunitas Besar, bagaimana Anda akan tahu apa yang Tuhan lakukan di dunia Anda? Dan bagaimana Anda akan memahami kehadiran dan pengalaman Ketuhanan di sini? Anda harus melihat diri Anda dari kacamata luar untuk melihat keadaan Anda, di mana Anda berada dan siapakah Anda pada saat ini. Anda akan memerlukan perspektif ini untuk melihat apa yang mengelilingi Anda, apa yang mendorong Anda dan apa yang menghambat Anda.

Untuk mengetahui apa yang Tuhan lakukan di alam semesta hanya dapat diterjemahkan melalui pengalaman murni, karena alam semesta begitu jauh melebihi kapasitas intelektual atau konseptual Anda sehingga tidak ada bahasa atau teknologi mana pun yang mungkin bisa menjelaskannya. Dan jikalau hal tersebut bisa digambarkan, Anda tidak mungkin memahaminya.

Namun, ini bukanlah cara kesadaran yang lebih besar dan kebenaran yang lebih besar ditransmisikan dan disadari. Jika Anda bersedia untuk melampaui batas-batas Anda sendiri, jika Anda bersedia untuk melampaui konsep-konsep Anda, gagasan-gagasan Anda dan keyakinan-keyakinan Anda, maka Anda akan membuka pintu menuju Spiritualitas Komunitas Besar dan suatu Pengetahuan dan Kearifan yang lebih besar yang sangat dibutuhkan dalam dunia Anda saat ini. Hal ini memberikan Anda segala keuntungan dan sebuah landasan untuk memberi kepada orang lain di masa depan, namun untuk melakukan hal ini, Anda harus sangat berani. Anda harus memasuki wilayah di mana orang lain tidak pernah pergi sebelumnya, ke dalam jenis pengalaman suci baru dan ke dalam sebuah alam semesta yang jauh lebih besar dan lebih kompleks daripada apa pun yang Anda harus hadapi di masa lalu. Anda harus belajar menjadi nyaman tanpa adanya definisi-definisi. Anda akan harus merasa aman di sebuah landasan yang lebih besar dalam diri Anda sendiri. Dan Anda harus memiliki sahabat-sahabat besar.

Ini bukanlah sebuah petualangan. Ini merupakan sebuah perjalanan — sebuah perjalanan terbesar, sebuah perjalanan yang tidak dapat dilakukan seorang diri, sebuah perjalanan dengan kesulitan-kesulitan dan bahaya-bahaya, namun merupakan sebuah perjalanan yang dibutuhkan dan yang memanggil Anda. Memanggil Anda melampaui gagasan-gagasan Anda, tujuan-tujuan Anda dan kekhawatiran-kekhawatiran Anda. Hal ini memanggil Anda sekarang.

Panggilan ini adalah pengalaman yang tampaknya begitu tidak dapat dijelaskan, namun panggilan ini begitu nyata, begitu menembus dan begitu lengkap, bahkan bagi Anda di sini sekarang. Ini merupakan jendela di mana untuk melihat sebuah alam semesta yang lebih besar dan cara kerja suatu Tuhan yang lebih besar.

Ini merupakan teologi pengalaman murni — suatu teologi Kearifan murni dan Pengetahuan murni, suatu teologi yang hanya dapat Anda tunjukkan dan suatu teologi yang hanya dapat Anda alami. Ini merupakan teologi yang lebih besar daripada apapun yang bisa diajarkan di seminari-seminari dan sekolah-sekolah agama Anda. Siapakan yang dapat menanggapi kurnia dan Misteri sebesar ini? Siapakan yang dapat masuk ke dalam ranah pengalaman murni, penyatuan yang lebih besar dengan Tuhan?

Biarkanlah ini menjadi panggilan bagi Anda yang membaca kata-kata ini. Biarkanlah ini memanggil Anda melampaui pemahaman Anda dan kemampuan Anda untuk memahami, karena Anda tidak akan mengerti kata-kata ini sampai Anda mengalami pengalaman besar ini, dan Anda tidak akan tahu apakah kata-kata ini adalah benar sampai Anda mengalami kebenaran kata-kata ini. Anda tidak akan tahu relevansi keseluruhannya sampai Anda sendiri dapat mewujudkannya.

Dalam Komunitas Besar, Tuhan terlalu besar dan terlalu agung untuk membangkitkan hanya iman. Iman hanya bisa membawa Anda ke ambang pengalaman. Melampaui ini, iman terlalu lemah dan terlalu dapat keliru untuk membawa Anda lebih lanjut. Di sini iman menjalankan tujuan satu-satunya dan yang terpenting — untuk membawa Anda ke gerbang pengalaman. Ini adalah tujuan daripada iman dan tujuan daripada persiapan. Ini adalah tujuan daripada pelatihan agama-agama di dunia Anda dan di semua dunia. Melampaui gerbang ini adalah Tuhan daripada Komunitas Besar. Mengarah ke gerbang ini adalah Spiritualitas Komunitas Besar dan melampau gerbang ini adalah Spiritualitas Komunitas Besar.

Dalam rangka mewujudkan teologi mengenai Tuhan dalam Komunitas Besar, Anda harus memiliki pikiran yang lebih besar, kosakata yang lebih besar dan rentang pengalaman yang lebih besar. Hal ini dapat diterjemahkan kepada Anda, dan Anda dapat menerjemahkannya kepada yang lain, tetapi kata-kata Anda tidak dapat menyatakannya. Hal ini hanya dapat ditransmisikan dari satu ke yang lain melalui suatu proses misterius daripada transmisi Ketuhanan. Tidak ada yang bisa memahaminya secara intelektual karena lingkungannya terlalu besar dan terlalu mencakup segala sesuatu.

Bagi mereka yang hanya menginginkan gagasan-gagasan saja akan harus tetap dengan agama-agama lokal mereka, karena ini terlalu besar. Bagi mereka yang hanya ingin mengetahui pedoman-pedoman cara hidup yang konstruktif akan menemukan hal ini terlalu besar dan membingungkan, terlalu tidak dapat dijelaskan dan terlalu misterius. Mereka yang mengalami Tuhan dalam Komunitas Besar dan mereka yang dapat mentransmisikan Tuhan dalam Komunitas Besar mewakili individu-individu yang telah melampaui batas-batas warisan dan kapasitas intelektual ras mereka sendiri. Mereka telah menjadi universal dalam pemikiran mereka. Mereka melihat apa yang orang lain tidak bisa melihat, dan mereka mengetahui apa yang orang lain tidak bisa ketahui. Ini merupakan beban mereka dan kurnia mereka. Bagi mereka, kepercayaan tidak menjadi masalah karena mereka telah melampaui kebutuhan akan kepercayaan dan melampaui batas-batas kepercayaan. Pengalaman mereka terlalu luar biasa untuk diterjemahkan ke dalam spektrum luas mana pun atau kepada pemirsa besar mana pun. Hal ini harus diberikan dari yang satu ke yang lain. Gereja mereka dan pura mereka adalah lingkungan di mana mereka menerima transmisi Ketuhanan dan menyampaikannya kepada orang lain. Siswa-siswa mereka sedikit. Perjalanan mereka panjang. Persyaratan-persyaratan mereka besar. Penerapan mereka adalah menyeluruh dan lengkap.

Apakah kurnia semacam ini mungkin bagi umat manusia? Hal ini bukan hanya mungkin tetapi diperlukan. Tanpa kurnia ini, pengalaman dengan Komunitas Besar akan memiliki dampak buruk pada manusia. Tanpa kurnia ini, hasrat umat manusia akan kekuasaan dan dominasi akan mengakibatkan bencana. Tanpa kurnia ini, Anda tidak akan dapat memahami mereka yang akan Anda temui dari Komunitas Besar, dan Anda tidak akan dapat memahami perubahan besar dan peristiwa-peristiwa besar yang terjadi di dunia Anda.

Tata Cara Pengetahuan Komunitas Besar sedang disajikan kepada dunia sebagai sarana mempersiapkan Anda menghadapi Komunitas Besar dan sebagai sarana mempersiapkan Anda akan Tuhan Komunitas Besar. Hal ini adalah cara untuk mempersiapkan Anda demi suatu tujuan yang lebih besar dalam hidup yang berkaitan dengan kehidupan di mana-mana. Komunitas Besar adalah lingkungan yang lebih besar di mana Anda tinggal dan yang dimana Anda sekarang harus menjadi bertanggung jawab. Tata Cara Pengetahuan Komunitas Besar adalah macam spiritualitas yang berbeda, tetapi Anda akan menemukan bahwa pengalaman intinya lebih terasa akrab dan lebih meyakinkan daripada apapun yang pernah Anda alami sebelumnya. Pengalaman ini akan mengingatkan Anda kepada Rumah Purba Anda dan kepada mereka-mereka yang telah mengirim Anda ke dunia. Hal ini akan mengingatkan Anda akan ikatan hubungan-hubungan yang lebih besar yang ada bahkan pada saat ini yang melampaui batas-batas masa dan tempat Anda dalam kehidupan. Hal ini merupakan sebuah pintu ke alam semesta yang lebih besar. Hal ini merupakan suatu sarana demi suatu kemampuan dan Kebijaksanaan dalam hidup yang lebih besar. Hal ini merupakan jawaban atas suatu kebutuhan yang lebih besar bagi umat manusia dan bagi kehidupan di mana-mana.