Hubungan Anda dengan Keluarga Spiritual Anda


Sebagaimana diungkapkan kepada
Marshall Vian Summers
13 Oktober 1994
Boulder, Colorado

 

Tentang teks ini


Apa yang Anda baca dalam teks ini adalah transkripsi suara asli Majelis Kemalaikatan saat berbicara melalui Utusan Tuhan Marshall Vian Summers.

Di sini, komunikasi asli Tuhan, yang berada di luar kata-kata, diterjemahkan ke dalam bahasa dan pemahaman manusia oleh Majelis Kemalaikatan yang mengawasi dunia. Majelis kemudian menyampaikan Pesan Tuhan melalui Utusan Tuhan, setelah itu ditranskrip dan disediakan bagi Anda dan bagi semua orang.

Dalam proses yang luar biasa ini, Suara Wahyu berbicara kembali. Firman dan Suara berada di dunia. Semoga Anda menjadi penerima karunia Wahyu ini dan semoga Anda terbuka untuk menerima Pesan unik ini bagi Anda dan bagi kehidupan Anda.


Hidup Dengan Tata Cara Pengetahuan
Volume 2 > Hidup Dengan Tata Cara Pengetahuan > Bab 1

  

Seperti Anda memiliki hubungan-hubungan di dalam dunia, Anda memiliki hubungan-hubungan di luar dunia. Di dunia, Anda memiliki keluarga duniawi Anda yang telah membesarkan Anda sejak bayi sehingga Anda dapat memiliki kesempatan untuk menjadi dewasa dan menemukan ambang batas yang lebih besar di mana tahap kedua kehidupan dapat diinisiasi dan dimulai.

Di luar dunia Anda memiliki Keluarga Spiritual yang membesarkan Anda. Pekerjaan mereka dengan Anda menjadi aktif saat Anda memulai tahap perkembangan besar kedua. Di sini Anda harus mulai sebagai bayi, sebagaimana Anda mulai sebagai bayi ketika Anda datang ke dunia ini. Di sini Anda belajar mengandalkan mereka untuk membesarkan Anda, untuk memberikan Anda apa yang Anda butuhkan, untuk mengarahkan Anda ke kehidupan baru Anda, dan untuk memberikan Anda sumber daya yang akan Anda butuhkan.

Kaum Tak Terlihat mengawasi perkembangan ini dan bertindak sebagai perantara antara Keluarga Spiritual Anda dan Anda saat Anda berada di dunia. Di sini Anda benar-benar memulai suatu kehidupan baru, dan Anda harus mulai sebagai pemula, seperti bayi, seperti anak kecil. Jika Anda berpikir Anda sudah dewasa dan sudah cukup banyak belajar untuk memulai tahap kehidupan besar kedua ini, Anda akan sangat keliru dan sangat kecewa, dan kesalahan-kesalahan yang Anda lakukan akan memiliki konsekuensi serius bagi Anda.

Sungguh berbahaya apabila orang-orang berpikir mereka tahu ketika mereka tidak tahu. Ini menyebabkan banyak kesalahan dan banyak tragedi juga. Janganlah berpikir bahwa Anda tahu. Anda tahu atau Anda tidak tahu, dan jika Anda tahu, Pengetahuan Anda meresap. Jika apa yang Anda ketahui adalah nyata, orang lain akan beresonansi dengan Pengetahuan dengan Anda, dan Anda tidak akan perlu membujuk mereka.

Untuk memulai tahap kehidupan kedua sebagai seorang bayi, sebagai pemula, sebagai praktisi pemula Pengetahuan, Anda memerlukan jenis hubungan yang baru — hubungan dengan fokus yang sesuai dengan tahap besar yang Anda sedang mulai. Di sini Keluarga Spiritual Anda menjadi lebih aktif, dan orang-orang yang berusaha menemukan Anda, yang telah dikirim oleh Keluarga Spiritual Anda, akan terpanggil kepada Anda, karena Anda memerlukan mereka sekarang, dan Anda akan mengandalkan mereka di masa depan. Dan mereka memerlukan Anda sekarang, dan mereka akan mengandalkan Anda di masa depan. Tak satu pun dari Anda akan berhasil apabila terpisah. Anda saling membutuhkan. Ini adalah hubungan besar yang Anda dambakan, tetapi sampai Anda memulai tahap kehidupan besar kedua, Anda belum siap untuk itu. Karena ini bukan romansa. Ini bukan upaya perkawinan. Ini adalah sesuatu yang jauh lebih agung dan lebih menyeluruh.

Anda tiba pada tahap besar kedua ini karena dunia telah mengecewakan Anda dan karena Anda menyadari bahwa Anda memerlukan panggilan yang lebih besar dan realitas yang lebih besar untuk menemukan tempat Anda dan kerja Anda di dunia. Anda juga menyadari bahwa Anda memerlukan hubungan-hubungan yang lebih besar. Anda memerlukan dedikasi. Anda perlu mengabdikan diri. Dan Anda perlu berada di sekitar orang-orang yang mampu mengabdikan diri kepada Anda. Anda memerlukan pendidikan baru, dan Anda memerlukan awal baru. Kesadaran ini tidak datang sekaligus. Hal ini datang secara bertahap, dan Anda tidak akan menyadari saat ketika Anda melewati garis yang tidak terlihat itu. Tetapi setelah beberapa waktu Anda mulai merasa berbeda. Nilai-nilai Anda berubah. Orientasi Anda berubah. Apa yang Anda cari dalam kehidupan berbeda dari apa yang Anda cari sebelumnya.

Pada awal ambang batas inilah Keluarga Spiritual Anda menyadari bahwa Anda siap untuk memulai. Mereka tahu Anda belum lengkap. Mereka tahu Anda belum mahir. Mereka tahu Anda lemah dan rentan dan rawan kesalahan. Tetapi mereka merayakan kemampuan Anda untuk mencapai ambang ini, suatu pencapaian yang tidak dilihat oleh banyak orang. Bagi Anda, saat ini, semuanya tampak membingungkan. Anda seperti pemain akrobat yang berada di antara dua ayunan. Anda tidak dapat kembali ke tempat Anda sebelumnya, tetapi Anda belum mendarat di tempat Anda yang seharusnya. Anda berada di antara, dan hal-hal dapat tampak sangat membingungkan.

Pada tahap ini, karena Anda berada di awal yang baru dan karena Anda memanggil Keluarga Spiritual Anda, hubungan Anda dengan keluarga manusia Anda akan berubah, karena Anda sekarang berubah, dan apa yang Anda butuhkan mereka tidak dapat sediakan. Dalam arti tertentu, Anda bukan anak mereka atau kakak mereka atau adik mereka lagi. Meskipun Anda dapat menerima peran itu sampai titik tertentu, Anda sekarang adalah anak dari Keluarga Spiritual Anda. Anda berada di awal yang baru. Kehidupan akan memberi Anda jarak dari keluarga sedarah Anda demi memberi Anda kebebasan untuk memulai lagi. Anda harus meninggalkan mereka untuk sementara waktu untuk memiliki kebebasan ini dan untuk dapat berpikir jernih bagi diri sendiri tanpa pengaruh mereka. Namun janganlah menyangkal atau menolak mereka. Mereka seperti tahap pertama dari sebuah roket. Mereka telah membawa Anda ke sini. Bersyukurlah untuk semua cinta dan semua penderitaan, untuk semua kesalahan dan untuk semua masalah. Mereka telah memberi Anda kesempatan untuk mengembangkan karakter dan kapasitas, dan mereka telah meluncurkan Anda ke dunia. Orang tua Anda, saudara kandung Anda — jika Anda memiliki saudara kandung — kerabat Anda yang lain — mereka telah menjadi sarang. Dan sekarang Anda harus meninggalkan sarang. Sekarang Anda harus menemukan fondasi baru dan jaringan hubungan baru yang mewakili masa depan Anda dan takdir Anda.

Selama periode transisi ini, Anda akan memiliki hubungan-hubungan yang mewakili transisi ini — hubungan yang sangat dekat dengan orang-orang yang hanya akan berada dalam hidup Anda sementara, tetapi akan menjadi katalis untuk membantu Anda menjembatani kesenjangan antara kehidupan lama Anda dan kehidupan baru Anda. Beberapa akan membantu Anda, dan beberapa akan mencoba memanfaatkan Anda. Tetapi jika dilihat dengan jelas, Anda dapat menggunakan pengalaman Anda dengan mereka untuk memungkinkan Anda melangkah ke dalam suatu arena baru. Anda akan bertemu orang-orang yang berada dalam tahap yang sangat mirip dengan Anda, dan Anda juga akan bertemu orang-orang yang berpikir mereka berada pada tahap di mana Anda berada, tetapi pada kenyataannya mereka tidak di sana. Anda akan menemukan bantuan dan rintangan berturut-turut di sini. Tetapi jelas Anda sedang memasuki suatu arena baru.

Anda telah menjadi seseorang di dunia. Selamat! Sekarang Anda siap untuk memulai tahap besar berikutnya, dan itu adalah untuk menjadi seorang pria atau wanita Pengetahuan. Anda tidak dapat membawa pembelajaran lama Anda beserta Anda. Anda harus mulai sebagai pemula. Itulah sebabnya ketika Anda memulai pembelajaran tentang Langkah-Langkah Menuju Pengetahuan dan ketika Anda mulai membangun fondasi untuk belajar dan menjalani Tata Cara Pengetahuan, Anda mulai sebagai pemula — seseorang yang baru memulai, seseorang yang memasuki wilayah baru yang asing. Ya, geografinya terlihat sama dan bahkan orang-orangnya dapat terlihat sama, tetapi pengalaman dan penekanannya berbeda sekarang.

Keluarga Spiritual Anda akan membesarkan Anda, mereka yang berada di luar dunia dan mereka yang ada di dunia juga. Mereka adalah orang tua Anda, kakak Anda dan adik Anda sekarang, dan Kaum Tak Terlihat adalah para sesepuh Anda yang memandu dan mengawasi perkembangan Anda. Karena kalian tidak hidup bersama dalam keadaan Pengetahuan, mereka harus membantu Anda. Meskipun Anda jarang akan mengalami mereka secara langsung, mereka akan bekerja di belakang layar demi Anda. Itu tidak berarti mereka akan menyingkirkan setiap hambatan dan risiko dari hidup Anda. Tentu tidak. Tetapi mereka akan berusaha memberi Anda kesempatan terbesar untuk menghadapi masalah, hambatan, dan risiko secara efektif dan berhasil. Mereka akan membantu Anda menegosiasi dunia. Mereka akan mendukung keputusan-keputusan sejati Anda, dan mereka akan mengirim peringatan dan pesan ketika Anda membuat keputusan yang tidak benar. Keluarga Spiritual Anda akan membawa Anda ke tujuan Anda yang lebih besar, karena itu adalah misi mereka.

Apakah Keluarga Spiritual itu? Penjelasan kami untuk hal ini tidak dapat lengkap karena Keluarga Spiritual adalah pengalaman dan bukan definisi. Katakanlah untuk tujuan klarifikasi bahwa Keluarga Spiritual Anda mewakili kelompok belajar kecil yang telah dikembangkan dalam jangka waktu yang lama. Pada tahap perkembangan Anda, Anda bekerja paling baik dalam kelompok-kelompok kecil. Itulah sebabnya Keluarga Spiritual Anda mewakili kelompok kecil. Tidak semua Keluarga Spiritual Anda hidup di dunia ini. Beberapa dari mereka ada di Komunitas Besar. Tidak semua perkembangan Anda terjadi di dunia ini karena Anda sendiri pernah mempunyai pengalaman Komunitas Besar.

Keluarga Spiritual Anda hidup di luar alam fisik, dalam realitas spiritual. Mereka aktif di dunia meskipun mereka tidak dapat campur tangan secara langsung. Hanya jika mereka memasuki dunia dan muncul di sini dan hidup dalam realitas fisik maka mereka dapat berperan langsung. Ini berbicara tentang kemunculan Anda ke dalam dunia dan tujuan lebih besar yang telah Anda bawa bersama Anda, yang belum diketahui oleh Anda.

Kaum Tak Terlihat dapat berfungsi dalam zona transisi antara realitas spiritual dan realitas fisik. Mereka dapat memengaruhi lingkungan mental, dan mereka akan memiliki pengaruh pada pemikiran Anda — pengaruh yang sangat penting untuk membantu Anda memperkuat resolusi Anda dan untuk menasihati dan mengoreksi Anda ketika Anda salah. Mereka akan melakukannya tanpa menjadi objek perhatian Anda, karena mereka memahami bahwa mereka harus tetap tersembunyi jika Anda akan menemukan jalan Anda sendiri. Karena jika Anda mengenali mereka secara langsung, Anda semata-mata akan ingin bersama mereka setiap saat, seperti seorang anak kecil akan ingin bersama wali mereka setiap saat. Namun mereka mempersiapkan Anda untuk dunia, dan mereka harus mempersiapkan Anda untuk menjelajah ke dalam dunia. Anda menjelajah ke dalam dunia dengan diperlengkapi dengan baik dan dipersiapkan dengan baik, karena Pengetahuan ada bersama Anda sekarang dan Keluarga Spiritual Anda ada bersama Anda.

Salah satu pengembangan paling penting yang akan Anda miliki dalam hubungan-hubungan Anda adalah pengembangan memilah dan kebijakan. Memilah adalah mengetahui apa yang Anda lihat. Kebijakan adalah mengetahui apa yang Anda katakan dan apa yang Anda lakukan. Pada awalnya, orang-orang berpikir bahwa siapa pun yang mereka merasa dekat dan siapa pun yang mereka sukai secara otomatis adalah anggota Keluarga Spiritual mereka dan entah bagaimana mewakili salah satu individu kunci dalam kehidupan mereka. Namun estimasi ini seringkali salah. Hanya kontras yang akan menunjukkan kepada Anda perbedaan antara seseorang dengan siapa Anda mengalami afinitas pribadi dan seseorang yang mewakili anggota Keluarga Spiritual Anda.

Anda mencari Keluarga Anda. Sekarang Anda membutuhkan mereka. Mereka mencari Anda. Sekarang mereka membutuhkan Anda. Karena jika kalian telah berkembang secara memadai, kalian akan tiba pada ambang batas besar dalam hidup kalian pada waktu yang kurang lebih bersamaan. Kalian akan sampai pada kesimpulan-kesimpulan besar umumnya pada waktu yang kurang lebih bersamaan. Jika salah satu dari Anda tersandung atau gagal, yang lain akan tertahan. Inilah seberapa pentingnya hubungan-hubungan ini, dan inilah seberapa pentingnya tanggung jawab Anda sebagai seorang siswa Pengetahuan, karena Anda bekerja demi Anda sendiri dan Anda bekerja demi Keluarga Spiritual Anda. Keberhasilan Anda adalah untuk mereka, dan kegagalan Anda juga untuk mereka.

Janganlah merasa bahwa ini adalah beban besar karena pada dasarnya ini akan memberi Anda kekuatan untuk melanjutkan, karena jika perkembangan Anda pada tahap kehidupan besar kedua adalah untuk diri Anda saja, Anda tidak akan memiliki kekuatan atau insentif untuk melakukannya. Hanya ketika Anda bertanggung jawab kepada sesuatu yang lebih besar dan demi sesuatu yang lebih besar maka Anda menemukan sumber daya batin dan dorongan besar yang Anda butuhkan untuk melanjutkan. Ingat, ini adalah tahap di mana Anda muncul dari seorang individu menjadi kesadaran bahwa Anda adalah bagian dari tatanan kehidupan yang lebih besar. Tata Cara Pengetahuan berorientasi untuk mempersiapkan Anda demi hubungan hakiki ini.

Anda mencari afinitas dengan orang lain di dunia karena itu adalah keadaan alami Anda, tetapi hanya dengan mereka yang mewakili Keluarga Spiritual Anda maka Anda akan dapat mengalami hal ini sepenuhnya. Itu adalah karena tujuan mereka dan pesan mereka di dunia sesuai dengan milik Anda.

Jika Anda hidup di permukaan kehidupan, jika Anda didominasi oleh pemikiran dan kepercayaan Anda, maka Anda tidak akan dapat memahami pemahaman besar ini, dan Anda akan memberi gagasan atau peran Keluarga Spiritual kepada siapa pun yang Anda merasakan ketertarikan atau resonansi besar. Tetapi siswa-siswa Pengetahuan dapat melihat melampaui kesalahan awal ini dan dapat melihat dengan lebih cermat dan lebih lengkap. Mereka akan lebih bijaksana dan kurang ceroboh dalam pengamatan mereka akan orang lain. Dan keberhasilan mereka dalam melatih kebijakan mereka akan semakin besar dan semakin kuat seiring waktu.

Kebijakan berarti Anda tahu apa yang harus dikatakan dan kapan mengatakannya. Selain itu, Anda tetap diam. Sekarang Anda tidak dikuasai oleh kebutuhan untuk mengekspresikan diri Anda untuk mengimbangi rasa tidak mampu atau rasa tidak aman Anda. Anda menyadari bahwa kata-kata Anda memiliki kuasa dan mereka mengomit Anda, sehingga Anda ingin menggunakannya dengan hati-hati. Anda tidak ingin menggunakan muslihat, tetapi Anda ingin menempatkan kata-kata Anda dengan baik. Kata-kata dengan sendirinya adalah kekuatan, dan begitu mereka meninggalkan bibir Anda, mereka bergerak melampaui Anda. Dan Anda akan harus bertanggungjawab atas kata-kata tersebut, terutama seiring Anda memperoleh kekuatan.

Di sini Anda belajar menunggu sebanyak mungkin untuk mendapatkan kepastian sebelum Anda membuat keputusan penting. Di sini Anda mencari verifikasi dari mereka yang dapat menjadi sekutu sejati Anda dalam Tata Cara Pengetahuan. Di sini pengambilan keputusan Anda menjadi lebih sehat, lebih lengkap dan dilakukan dengan lebih berhati-hati. Di sini Anda memilih orang berdasarkan kemampuan mereka untuk berpartisipasi dengan Anda di bagian-bagian terpenting dalam hidup Anda. Anda menggunakan kriteria ini daripada ketertarikan pribadi. Karena Anda menyadari bahwa tidak ada hubungan yang dapat berhasil jika Anda tidak dapat berpartisipasi bersama, terlepas dari pengalaman awal yang mungkin Anda miliki bersama. Di sini Anda memiliki kesempatan untuk mengembangkan kejujuran sejati dalam diri Anda. Karena Anda memiliki kesempatan untuk mengalami, merasakan dan mewakili apa yang Anda ketahui dan membiarkan sebagaimana adanya bagian-bagian hidup Anda yang tidak jelas, tanpa kepura-puraan, seolah-olah hidup Anda adalah sebuah teka-teki yang hanya sebagian telah disusun. Anda berhati-hati untuk tidak mengisi bagian yang kosong dengan harapan dan gagasan Anda. Di sini Anda tidak diperintah oleh kebutuhan untuk mengesankan orang lain atau untuk mendapatkan persetujuan mereka. Anda rela kehidupan Anda tidak lengkap karena memang tidak lengkap. Dan kebenaran adalah mitra yang lebih besar daripada hal lain apapun.

Untuk memulai tahap kehidupan besar kedua, Anda mulai memasuki Misteri. Di sini Anda pergi melampaui jalan usang yang banyak digunakan orang-orang, dan Anda memasuki semacam pengalaman belantara —belantara di mana ada jalan setapak, tetapi Anda tidak yakin dengan jalannya, belantara di mana orang tua Anda dan saudara kandung Anda dan teman-teman Anda tidak dapat pergi bersama Anda, belantara yang harus Anda masuki. Di sini kehidupan luar Anda mungkin terlihat sama, tetapi Anda sedang mengalami dimensi-dimensi baru dalam kehidupan, dan mereka tampak aneh dan menakjubkan dan bahkan mungkin menakutkan bagi Anda. Anda masuk ke sini karena pikiran Anda meluas dan karena titik acuan dalam diri Anda berubah. Anda tidak lagi dapat mengandalkan kepercayaan dan asumsi Anda. Dan sebagai akibatnya, Anda menyadari betapa sedikit yang Anda ketahui. Anda tidak lagi dapat mengandalkan kepercayaan atau asumsi orang lain, karena Anda menyadari bahwa mereka mungkin mengetahui lebih sedikit dari Anda.

Di sini Anda cukup tahu untuk memulai, tetapi Anda tidak berasumsi bahwa Anda tahu lebih banyak. Di sini Anda cukup tahu untuk terus maju, tanpa berasumsi apa hasil dari upaya atau perjalanan Anda. Di sini Anda tampaknya bepergian sendirian karena begitu banyak orang yang Anda kenal sebelumnya tidak mampu menyertai Anda. Namun Anda merasakan suatu Hadirat Spiritual dalam hidup Anda. Di sini Anda pergi ke mana kehidupan tampak terbuka dan tidak terlindung, ke mana penderitaan dan kebahagiaan lebih tajam dan jauh lebih jelas dialami. Namun, tak lama kemudian Anda menemukan orang lain yang bertualang di belantara itu juga, dan mereka sama tidak pastinya dengan Anda, meskipun mereka mungkin tidak mengakuinya. Di sini Anda akan menemukan bahwa hal-hal yang menarik perhatian Anda sebelumnya tidak lagi memiliki daya tarik atau daya pikat sekarang. Anda mencari ketenangan daripada stimulasi. Anda mencari kejujuran daripada pesona. Anda mencari afinitas daripada keterpikatan. Anda mencari inspirasi daripada hiburan. Anda mencari makna daripada pelarian. Sesuatu telah berubah dalam diri Anda. Entah di mana secara misterius Anda telah melangkahi suatu garis, dan semuanya mulai berubah — berubah secukupnya sehingga Anda merasa memiliki orientasi yang berbeda dalam hidup Anda. Di sini Anda mulai mengenali bahwa hidup adalah misteri dan bahwa semua asumsi dan semua kepercayaan yang Anda miliki sebelumnya yang tampaknya menjelaskan dan menata pengalaman Anda dengan nyaman tidak lagi berlaku. Di sini ada ketakjuban. Di sini ada harapan besar. Di sini setiap hari adalah sesuatu yang baru, daripada pengulangan mengerikan dari masa lalu.

Anda tidak berjalan di belantara ini sendirian, tetapi banyak dari mitra Anda yang belum terlihat. Mungkin Anda merasakan mereka. Mungkin di saat-saat paling sunyi Anda merasa ada seseorang yang berdiri di sekitar Anda. Mungkin di saat kecemasan atau keputusasaan, Anda merasakan tangan anggun Kaum Tak Terlihat di pundak Anda.

Sekali Anda memasuki belantara, Anda harus melanjutkan, dan jika Anda melanjutkan, Anda akan menemukan mitra-mitra besar. Anda juga akan menemukan bahaya di sana karena orang-orang tidak terbiasa hidup tanpa definisi, sehingga Anda akan melihat dalam diri Anda dan dalam orang lain kecenderungan untuk mendefinisikan atau memproyeksikan gagasan-gagasan Anda pada pengalaman baru Anda. Banyak kesalahan serius terjadi di sini sebagai akibatnya. Di sini orang-orang mencoba memperluas kehidupan masa lalu mereka ke dalam kehidupan mereka saat ini. Mereka mencoba menggunakan keakraban gagasan-gagasan lama mereka dalam tantangan menghadapi pengalaman-pengalaman baru. Di sini Anda melihat orang-orang membuat asumsi-asumsi muluk tentang Ketuhanan dan hadirat Ketuhanan dan realitas dalam kehidupan mereka. Di sini Anda melihat orang-orang membuat pernyataan-pernyataan muluk tentang kemampuan-kemampuan mereka — menyebut diri mereka tabib, menyebut diri mereka praktisi mahir, dengan berpikir bahwa mereka berada di ambang akhir pembelajaran mereka padahal kenyataannya mereka adalah pemula seperti Anda.

Tidak ada master di dunia. Dunia bukanlah lingkungan untuk tingkat master. Mungkin gagasan ini mengejutkan, tetapi jika Anda mempertimbangkannya dengan jujur, Anda akan melihatnya dengan sangat lega. Dunia hanyalah arena terbatas untuk mengalami kehidupan. Ada arena-arena yang lebih besar di luar dunia dalam Komunitas Besar. Anda dapat menjadi pelajar yang mahir di sini, dan Anda dapat menjadi siswa lanjutan dalam Pengetahuan, dan ini mewakili pencapaian yang luar biasa, kami jamin. Tetapi jangan menyebut diri Anda master karena kehidupan adalah masternya. Pengetahuan adalah masternya. Dan kemampuan akan Pengetahuan dan kedalaman Pengetahuan akan selalu melampaui pemahaman Anda.

Waspadalah terhadap kesalahan dalam pemilahan dan kebijakan yang dilakukan orang-orang ketika mereka memasuki belantara. Dan waspadalah terhadap mereka yang berpikir mereka berada di belantara padahal sebenarnya mereka hanya bingung dalam pikiran mereka sendiri. Dan waspadalah terhadap mereka yang mengaku master dan terhadap mereka yang mengaku mahir. Dengan Pengetahuan Anda akan melihat bahwa mereka hanya tertipu dan menipu. Karena apa yang mereka katakan pada diri mereka sendiri tidak benar, dan akibatnya apa yang mereka ungkapkan kepada orang lain juga tidak benar.

Jadilah rentan di belantara. Jadilah seperti flora dan fauna di belantara fisik. Mereka rentan terhadap kehidupan. Mereka terbuka terhadap kehidupan. Jadilah rentan. Bersiap siagalah. Waspadalah tetapi jangan takut. Berhati-hatilah dan bergerak dengan perlahan. Perhatikan orang lain. Jangan mengutuk siapa pun. Luangkan waktu untuk mengambil keputusan, jika Anda punya waktu. Jangan terburu-buru. Jika Anda belajar dengan sabar maka pembelajaran Anda akan kukuh dan dapat diandalkan.

Memasuki belantara berarti Anda menghadapi kehidupan tanpa asumsi atau dengan lebih sedikit asumsi. Misteri kehidupan selalu ada. Hal ini semata-mata tidak pernah dialami lebih dari sesaat di sana-sini. Sekarang Anda hidup di dalamnya. Sekarang Anda merasakannya. Sekarang Anda meresponsnya. Hal ini menyenangkan sekaligus menakutkan. Ini adalah masa yang berharga, tetapi juga masa yang berisiko. Anda harus memiliki hati yang sangat tulus untuk menegosiasi perjalanan awal ke dalam belantara ini secara berhasil. Banyak orang berhenti di pinggir jalan dan menyerah atau mengklaim bahwa mereka sudah tiba di titik akhir atau membuat asumsi besar tentang kemampuan-kemampuan mereka karena mereka pikir mereka sudah berjalan jauh. Tetapi masih jauh yang harus ditempuh dan masih banyak yang harus dilakukan.

Ketika orang lain berhenti, tetaplah berjalan. Anda boleh menyambut mereka untuk bergabung bersama Anda, tetapi jika mereka tidak dapat, Anda harus melanjutkan. Anda merugikan mereka dan diri Anda sendiri jika Anda menyerah dalam perjalanan Anda untuk mencoba dan memprakarsai perjalanan mereka. Anda akan melakukan lebih banyak untuk mereka dengan melanjutkan. Ini mengundang mereka, dan mereka akan mengingat contoh Anda.

Belantara ini adalah tempat antara berpikir dan Pengetahuan. Ini adalah area antara kehidupan dengan asumsi dan kehidupan dengan pengalaman. Di sini semua yang Anda pikir Anda ketahui dipertanyakan. Di sini asumsi Anda dikenali sebagai asumsi dan bukan sebagai fakta atau realitas. Di sini Anda mulai mengalami dimensi-dimensi baru dalam kehidupan, dan kepekaan Anda berkembang. Di sini Anda mampu mendengar pemikiran dan menjadi terbuka terhadap lingkungan mental. Di sini Anda merasakan realitas hidup dengan jauh lebih jelas dan jauh lebih tajam. Di sini ambisi Anda diredakan. Di sini pendekatan Anda menjadi rendah hati.

Jika Anda melanjutkan, pendekatan Anda akan menjadi rendah hati karena realitas akan selalu melebihi evaluasi Anda. Di sini Anda menyadari bahwa tidak ada yang mutlak karena Anda berada di antara dua realitas. Di sini Anda akan merasakan kefanaan dan kerentanan Anda terhadap kehidupan, tetapi di belantara inilah Anda akan menemukan Pengetahuan dengan sangat jelas, karena Anda akan terbuka terhadapnya. Anda akan membutuhkannya, dan Anda akan memanggilnya karena Anda akan harus mengandalkannya. Ini bukan lagi pilihan yang jauh. Ini sekarang menjadi kebutuhan mendesak.

Di belantara, semua suara disonansi dapat berbisik kepada Anda dan menyesatkan Anda, tetapi di sini Kaum Tak Terlihat akan meluncur di atas Anda, dan Anda akan merasakan desakan lembut mereka untuk melanjutkan. Di sini Anda akan bertemu dengan banyak orang yang menarik, dan Anda akan bertanya-tanya, “Haruskah saya pergi dengan mereka?” Tetapi Anda harus melanjutkan. Jika setelah perjalanan panjang mereka masih bersama Anda, baru setelah itu Anda akan tahu bahwa kalian ditakdirkan untuk bersama. Tetapi berhati-hatilah. Evaluasi ini dapat salah dibuat.

Di belantara, Anda menjadi terbuka terhadap Pengetahuan. Di sini Anda menjadi bergantung pada Pengetahuan. Jangan mundur kembali ke dalam kesimpulan-kesimpulan yang aman dan gagasan-gagasan yang sudah dikenal. Jangan mencari perlindungan dari kehidupan. Jangan menutup diri. Jangan mengambil mantel gagasan-gagasan baru, yang hanya akan menjadi mahkota duri bagi Anda di masa depan.

Teruslah bergerak maju. Teruslah mengambil Langkah-Langkah Menuju Pengetahuan. Jadilah tanpa kesimpulan. Kembangkan kemampuan-kemampuan Anda. Jadilah seorang siswa pemula. Andalkan Pengetahuan. Hormatilah bahaya-bahaya kehidupan dan peluang-peluang besar kehidupan. Tuluslah dengan apa yang Anda katakan pada diri sendiri dan apa yang Anda katakan pada orang lain. Bersedialah untuk terlihat bodoh dan bingung. Bersedialah untuk yakin ketika Anda yakin.

Jika Anda dapat melakukan hal-hal ini, Anda akan melewati belantara. Anda akan mendapatkan kekuatan besar di sini. Anda akan mendapatkan kepercayaan diri yang besar di sini. Dan Anda akan mendapatkan kepastian bahwa Keluarga Spiritual Anda ada bersama Anda dan bahwa ada orang-orang dalam kehidupan yang benar-benar ditakdirkan untuk bersama Anda dan yang benar-benar mampu memahami Anda dan mengenal Anda.

Perjalanan ini lebih panjang dari yang Anda pikir. Dan Anda akan berjalan lebih lambat dari yang Anda pikir dapat Anda lakukan. Hal ini akan membutuhkan lebih banyak dari Anda dari yang Anda pikir akan dibutuhkan. Dan hal ini akan menawarkan lebih banyak kepada Anda dari yang Anda pikir dapat ditawarkan. Dan hal ini akan memulihkan kepada Anda kemampuan-kemampuan yang Anda tidak pernah tahu Anda miliki. Dan hal ini akan meningkatkan dan memperjelas kemampuan-kemampuan yang Anda rasakan selalu Anda miliki. Dan hal ini akan membawa dedikasi dan pengabdian sejati ke dalam hubungan-hubungan Anda, karena itu akan menjadi fondasinya.

Keluarga Spiritual Anda menanti Anda, tetapi Anda harus melakukan perjalanannya. Kuasa keputusan ada di tangan Anda. Dan kuasa Pengetahuan ada bersama Anda untuk membantu Anda mengambil keputusan yang benar. Tetapi pertama-tama Anda harus mengambil keputusan, dan Anda akan harus mengambilnya berulang kali.

Masukilah Misteri. Masukilah belantara. Tinggalkan jalan kehidupan beraspal, yang mewakili gagasan-gagasan populer dan pemikiran konvensional yang orang-orang andalkan dan sebut realitas. Jika Anda tidak gegabah dan ambisius, Anda akan menemukan jalan Anda karena Anda akan bergerak dengan perlahan dan berhati-hati. Jika Anda tidak memiliki praduga besar tentang diri Anda dan hidup Anda, Anda akan mengenali peluang-peluang Anda dan bahaya di sepanjang jalan. Jika Anda mengandalkan Pengetahuan dalam orang lain dan Pengetahuan dalam diri Anda, Anda akan memiliki landasan yang kuat untuk pengambilan keputusan sejati, dan keputusan-keputusan Anda akan kekal dan efektif. Jika Anda bersedia hidup tanpa definisi dan tanpa filosofi, tanpa cita-cita tinggi dan tanpa ketakutan yang sangat buruk, jika Anda mengizinkan pikiran Anda ditunda, maka pikiran Anda kemudian dapat menemukan jalannya kembali ke Pengetahuan.

Pikiran kemudian akan menyadari bahwa ia harus melayani dan bahwa ia hanya dapat melayani, dan Anda akan menginginkannya melayani karena Anda ingin melayani. Anda ingin melayani orang lain, dan Anda ingin orang lain melayani kehidupan bersama Anda. Dan Anda melihat bahwa tidak ada pengorbanan nyata di sini, karena semua yang telah Anda tinggalkan adalah gagasan dan asumsi. Semua yang sesungguhnya Anda hadapi adalah ketidakpastian dan misteri. Sekarang Anda memiliki kemungkinan lebih besar tidak hanya untuk bertahan hidup di dunia tetapi untuk berkembang di sini dan untuk menyumbangkan karunia-karunia besar Anda yang telah Anda bawa selama perjalanan panjang dari Rumah Purba Anda. Sekarang pikiran Anda menjadi lebih tajam. Persepsi Anda menjadi lebih dalam. Sekarang Anda memiliki kesabaran yang mendalam dan kekal dalam diri Anda. Sekarang Anda menunggu kepastian daripada menentukan kepastian. Sekarang Anda menunggu kebenaran daripada menyatakan kebenaran. Sekarang Anda mencari realitas dalam orang lain daripada tertipu oleh penampilan.

Hanya belantara yang dapat mengajari Anda hal ini. Hanya belantara yang dapat menginisiasi hubungan Anda dengan Pengetahuan dalam kehidupan ini. Masukilah dengan rasa bersyukur dan khidmat. Jaga mata Anda tetap terbuka. Jaga pikiran Anda sejernih mungkin. Jaga mata Anda terfokus pada masa kini dan masa depan, karena Anda tidak dapat kembali dan kembali pun tidak ada apa-apa. Yakinlah bahwa teman-teman dan keluarga Anda suatu hari nanti, mungkin di masa depan yang jauh, akan memahami apa yang Anda lakukan. Dan ingatlah, Anda tidak dapat melakukan apa pun sendirian. Oleh karena itu, Anda tidak berjalan di belantara sendirian, tetapi Anda harus berjalan di belantara untuk mengetahui siapa yang sesungguhnya bersama Anda.